Pages

Pages

Kamis, 30 September 2010

APA SIH CMYK.....

Cyan Magenta Yellow Key, atau sering disingkat sebagai CMYK adalah proses pencampuran pigmen yang lazim digunakan percetakan. Tinta process cyan, process magenta, process yellow, process black dicampurkan dengan komposisi tertentu dan akurat sehingga menghasilkan warna tepat seperti yang diinginkan. Bahkan bila suatu saat diperlukan, warna ini dengan mudah bisa dibentuk kembali.

Sistem CMYK juga digunakan oleh banyak printer kelas bawah karena keekonomisannya.

CMYK (adalah kependekan dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan warna utamanya (black-hitam), dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses pewarnaan dengan mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model pewarnaan yang sering dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia juga dipergunakan untuk menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda dari setiap tempat pencetakan, operator surat khabar, pabrik surat khabar dan pihak-pihak yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya, diatur berdasarkan urutan dari singkatan tersebut.

Model ini, baik sebagian ataupun keseluruhan, biasanya ditimpakan dalam gambar dengan warna latar putih (warna ini dipilih, dikarenakan dia dapat menyerap

menghilangkan bekas pasta pada screen

tips agar pasta tidak cepat kering di screen

Penting banget untuk diketahui bagi pemula, kebanyakan Pasta emang punya sifat yang gampang kering. Gak boleh terlalu lama nempel di screen dan didiamkan. Jangankan terlalu lama, lebih dari 10 menit aja, pasta itu bakalan kering dan susah sekali dibersihin.

Kadang2 para newbie yang baru coba nyablon, ketika mentransfer pasta ke kaos, screen diangkat dan taruh begitu aja. Ngerokok dulu lah, ngopi dulu, ngobrol dulu. Dia gak tau dalam sekejap, tuh pasta ngering di screen. Dan alamak kayaknya nggak mungkin lagi dibersihin.

Tipsnya, besok2 kalau nyablon, setiap

Rabu, 29 September 2010

sablon kaos 1

Didunia screen printing kaos ada beberapa cara/jenis untuk sablon kaos, baik secara manual atau pun menggunakan mesin sablon. Diantara Cara dan Jenis Sablon Kaos tersebut adalah sbb:

1. Sablon Rubber
Cara ini termasuk yang paling banyak diaplikasikan dalan dunia sablon. Karena sifatnya yang menempel dipermukaan kain sehingga mampu menutupi serat atau rajutan kain. Jenis rubber sendiri ada banyak. Tergantung kualitas dan efek sablon yang diharapkan. Pada cara ini jika kualitas cat dan pengerjaannya baik akan tahan hingga bertahun-tahun.

2. Sablon Pigment
Cara ini biasa digunakan untunk kaos yang berwarna putih atau muda. Cat ini menyerap ke dalam serat kain kaon. Kaos yang menggunakan cat jenis ini tidak bertambah kaku. Ini cat yang biasa dipakai untuk kaos berwarna terang karena sifatnya yg menyerap kedalam kain.

peralatan menyablon

Peralatan-peralatan yang harus ada untuk menyablon, yakni:

1. Screen (kain gasa terbuat dari Polyster/Nylon)
2. Rakel (alat sapu terbuat dari karet sintetis)
3. Obat Afdruk (cairan kental/emilsion)
4. Mika (alat pemoles obat afdruk)
5. Sinar Matahari/Kotak Lampu (penyinaran saat mengafdruk)
6. Busa (untuk mengepress film pada screen)
7. Semprotan Air (pengembang gambar hasil afdruk)
8. Meja Sablon
9. Tinta/Cat (khusus sablon)

Siapkan screen yang akan digunakan pastikan screen dalam keadaan kering dan bersih dari kotoran yang dapat mengganggu resapan cat dalam pori-porinya, letakkan screen pada meja sablon dan kancing catok dengan kencang agar tidak bergeser. Dan siapkan cat yang akan digunakan, cat yang sudah dicampur dengan M3 atau pengencer cat pada cat kertas sampai cat tidak terasa